Antisipasi Penyebaran Penyakit, Peternak Diimbau Rutin Cek Kesehatan Hewan

oleh Redaksi Songulara
Antisipasi Penyebaran Penyakit, Peternak Diimbau Rutin Cek Kesehatan Hewan

PARIGI MOUTONG – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Parigi Moutong, mengimbau peternak untuk rutin mengecek kesehatan hewan, untuk mengantisipasi penyebaran penyakit.

“Mengecak kesehatan hewan dengan rutin itu penting, agar tidak menyebar ke hewan lain,” ungkap Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Masnuri.

Menurut dia, meskipun Kabupaten Parigi Moutong belum ditemukan virus Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) pada Sapi, namun ada beberapa jenis penyakit lainnya yang dapat menyebabkan kematian ternak.

Sehingga, jika menemukan hewan ternak dalam kondisi sakit, sebaiknya segera melaporkan ke petugas kesehatan hewan.

“Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan telah menempatkan empat dokter hewan di sejumlah wilayah di Parigi Moutong,” ujarnya.

Belum lama ini kata dia, dokter hewan telah mengantisipasi penyebaran penyakit pada ternak babi di Kecamatan Balinggi. Hal itu tidak terlepas dari langkah cepat yang dilakukan oleh peternak di wilayah setempat, Sehingga penyakit tersebut tidak menular ke ternak lainnya.

“Jika sudah bergejala, flu atau BAB, sebaiknya langsung di laporkan,” tambahnya.

Selain itu, peternak juga harus menjaga kebersihan kandang hingga kualitas makanan ternaknya, untuk menjaga kesehatan hewan.

“Bukan hanya beternak, namun harus juga memperhatikan kesehatan hewan. Kami harapkan peternak harus lebih peduli,” pungkasnya. *theopini.id

Artikel Terkait Lainnya

1 komentar

Bappeda: Tersisa 17 Desa Sangat Tertinggal di Sulteng - Songulara.com 11 Agustus 2022 | 08:35 WITA - 08:35

[…] – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulawesi Tengah (Sulteng), Sandra Tobondo menyampaikan, jumlah desa sangat tertinggal di daerah […]

Membalas

Tinggalkan sebuah komentar