Bupati Ajak Sukseskan Program Pemberdayaan Bidang Perikanan Kelautan

Bupati Ajak Sukseskan Program Pemberdayaan Bidang Perikanan Kelautan
Bupati Ajak Sukseskan Program Pemberdayaan Bidang Perikanan Kelautan

PARIGI – Bupati Parigi Moutong mengajak sukseskan program pemberdayaan masyarakat di bidang perikanan dan kelautan.

Ajakan ini disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Parigi Moutong, Zulfinastran Ahmad saat kegiatan peresmian kelas pendidikan vokasi rintisan Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Parigi Moutong, di Pantai Mosing desa Sinei, baru baru ini.

Peresmian kegiatan tersebut dilakukan oleh Kepala Pusat Badan Riset SDM Kelautan dan Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Bambang Suprakto, sekaligus dilakukan prosesi penebaran benur dilokasi praktek lapangan tambak intensif PT. Esaputli Prakarsa Utama diarea lokasi pantai mosing.

Pemkab Gelar Pertemuan Konvergensi Lintas Sektor Stunting

Sambutan Bupati yang dibacakan Sekab Parigi Moutong mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kepala Pusat Badan Riset SDM Kelautan Dan Perikanan KKP yang sekaligus meresmikan kelas pendidikan vokasi rintisan Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan.

Pembangunan dan penguatan ilmu pengetahuan teknologi yang dilakukan ini katanya dapat melakukan perubahan paradigma dan sistem pendidikan terpadu yang bersinergi dalam kebutuhan masyarakat dengan salah satu upaya dilakukan pemerintah yaitu dengan menyelenggarakan pendidikan vokasi yang telah menjadi bagian dari amanat pendidikan tinggi yang tercantum dalam undang-undang pendidikan nasional.

Dalam meningkatkan layanan pendidikan tentunya harus menyediakan sarana prasarana dan infrastruktur satuan pendidikan perguruan tinggi serta penunjang lainnya, hal ini tentunya menunjang peningkatan kualitas sumber mutu dan relevansi layanan pendidikan sebagai upaya mencapai kualitas pendidikan yang berstandar nasional dalam rangka meningkatkan mutu dan daya saing.

“Untuk rintisan pembelajaran akan dilakukan kerjasama dengan Politeknik Kelautan Dan Perikanan Bone dan Politeknik Kelautan Dan Perikanan Bitung dimana proses perkuliahan akan dimulai pada bulan ini juga,” katanya.

Ia berharap dengan pelaksanaan peresmian kelas pendidikan vokasi ini dapat meningkatkan sumber daya manusia agar lebih profesional dan menghasilkan lulusan yang kompeten.

Kepala Pusat Badan Riset SDM Kelautan Dan Perikanan KKP RI, Bambang Suprakto mengatakan, Pemkab Parigi Moutong sebelumnya sudah melakukan kerja sama sejak tahun 2012 dengan pihak Badan SDM KP dan ada 74 jumlah taruna taruni aktif dalam pendidikan akademik tahun ajaran 2020/2021 pada saat ini dengan tebagi di berbagai daerah antara lain Sidoarjo 6, Bitung 49, Bone 12, dan Cembrana 1.

VIAIRWAN SAHAR
BAGIKAN

LEAVE A REPLY