DPUPRP Usul Pembenahan Jalan Ke Pusat

Mudana : Perbaikan Jembatan Diupayakan Secepatnya
Kabid Bina Marga DPUPRP Parigi Moutong, I Wayan Mudana

PARIGI MOUTONG – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Parigi Moutong, lakukan pengusulan pembenahan jalan ke pemerintah pusat untuk kegiatan tahun depan.

Kabid Bina Marga DPUPRP Parigi Moutong, I Wayan Mudana mengatakan akan mengajukan usulan untuk pembenahan 40 titik jalan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahumn 2022.

“Kami usulkan ke Kementerian PUPR untuk dua DAK regular dan penugasan, kurang lebih Rp60 miliar melalui aplikasi Kolaborasi Perencanaan, dan Informasi Kinerja Anggaran (KRISNA),” kata Wayan Mudana, Selasa (14/9).

Kata Mudana, pengusulan rehabilitasi jalan tahun 2022, lokusnya menyebar diberbagai titik secara merata di 23 kecamatan.

Namun melihat pengalaman sebelumnya, pemerintah pusat kemungkinan hanya bisa merealisasikan sekitar 60 persen dari jumlah usulan.

Pengusulan rehabilitasi berdasarkan data base jalan telah tergambarkan tingkat kerusakan jalan di Parigi Moutong.Menurutnya, hal itu sesuai petunjuk pihak Kementerian PUPR, karena usulan tersebut tidak akan disetujui jika tak sesuai dengan data tersebut.

Tahun depan terdapat program nasional kedaulatan pangan yang harus mendapatkan dukungan dari kementerian teknis.

Salah satunya, Kementerian PUPR yang mendanai ruas-ruas jalan akses kantong produksi di sejumlah daerah di Indonesia.

Parigi Moutong, kata dia, memiliki beberapa kecamatan yang menjadi lokus prioritas program nasional, yakni Kecamatan Tinombo Selatan, Torue, Balinggi, Sausu, dan Parigi Selatan.

“Itu juga masuk penganggarannya melalui DAK penugasan. Kalau DAK reguler khusus ruas-ruas pemukiman,” jelasnya.

Menurutnya, alokasi anggaran akan lebih memproritaskan penuntasan program nasional hingga kurun waktu dua atau tiga tahun kedepan. Sehingga, tidak ada lagi pengusulan untuk lokus prioritas usai dituntaskan oleh pihak pemerintah pusat. FAIZ

BAGIKAN

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY