Kotaraya Selatan Masuk Nominasi Desa Cantik

Kotaraya Selatan Masuk Nominasi Desa Cantik
Kepala BPS Parigi Dumangar Hutauruk di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Selasa, (25/5).

PARIGI MOUITONG – Desa Kotaraya Selatan Kecamatan Mepanga, masuk dalam nominasi 100 Desa Se Indonesia dalam program Desa Cinta Statistik (Cantik).

Desa Cantik merupakan inovasi Badan Pusat Statistik (BPS) dalam upaya semangat satu data Indonesia yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan guna sistem informasi desa berbasis masyarakat dapat dioptimalkan.

BAZNAS Parigi Moutong Launching Gerakan Cinta Zakat

“Selain Desa Kotaraya Selatan Kabupaten Parigi Moutong, masing masing satu desa di Kabupaten Sigi dan Kabupaten Banggai juga masuk dalam 100 desa terpilih,” ungkap Kepala BPS Parigi, Dumangar Hutauruk di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Selasa, (25/5).

Dia mengatakan Desa Kotaraya Selatan akan menjadi desa binaan untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data, sehingga perencanaan pembangunan Desa lebih tepat sasaran.

Dumangar Hutauruk berharap dengan dicanangkannya Kotaraya Selatan, kedepan semua desa yang ada di Kabupaten Parigi Moutong dapat mencanangkan program Desa Cantik.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Zulfinasran memberikan apresiasi yang  kepada masyarakat Desa Kotaraya Selatan  yang sudah proaktif dalam memberikan data diri yang lengkap guna sebagai pendorong bagi pembangunan desa yang berkelanjutan sesuai dengan terget SDG’s Desa.

Zulfinasran menambahkan, data saat ini telah menjadi elemen penting dalam arah pembangunan Pemerintah. Menurutnya, setiap kebijakan yang didasari data, maka kebutuhan masyarakat akan tepat sasaran dan tepat guna.

“Pembangunan desa berkelanjutan tentu saja membutuhkan kerjasama semua pihak yang dimulai dengan memperbaiki kualitas data yang dimiliki, sehingga setiap langkah atau program yang dilaksanakan oleh aparatur pemerintah desa menjadi tepat sasaran dan mampu menyelesaikan permasalahan yang sebenarnya,”.

VIAHUMAS
BAGIKAN

LEAVE A REPLY