Pemkab Kukuhkan Kampung Tangguh Nusantara

Pemkab Kukuhkan Kampung Tangguh Nusantara
Pengukuhkan kampung tangguh nusantara di Desa Sausu Pakareme, Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong bertempat Aula Kantor Desa Sausu Pakareme. Senin (12/4).

PARIGI – Pemkab Parigi Moutong, kukuhkan kampung tangguh nusantara di Desa Sausu Pakareme, Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong bertempat Aula Kantor Desa Sausu Pakareme. Senin (12/4).

Mewakili Bupati Parigi Moutong, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Armin menghadiri sekaligus mengukuhkan Kampung Tangguh Nusantara. Turut hadir dalam acara tersebut Wakapolres Parimo, Kapolsek Sausu, Danramil Sausu, Kasat Binmas, Pemerintah Kecamatan Sausu, Kepala Desa Sausu Pakareme dan toko masyarakat serta toko adat.

Sambutan Wakapolres Parigi Moutong Menyampaikan bawah Pengekuhan Kampung Tangguh Nusantara yang kita laksanakan sekarang ini di Desa Sausu Pakareme, Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong merupakan pengukuhan yang pertama dan tentunya akan dilakukan pengekuhan ke semua Kampung Tangguh Nusantara yang ada di diwilayah Kabupaten Parigi Moutong jumlahnya sebanyak 283 desa dan semuanya sudah terbentuk sesuai laporan Kasat Binmas yang telah turun ke desa-desa bersama anggotanya.

Perlu di sampaikan bahwa pembentukan Kampung Tangguh Nusantara merupakan Perintah Bapak Presiden RI melalui Satgas Covid-19, disini TNI Polri sebagai ujung Tombak di perintahkan dalam membentuk kampung Tangguh dengan tujuan supaya menjaga masyarakat dari tepapar COVID-19 karna kita tau virus ini tidak kelihatan namun ada.

Kami berharap dari Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong dalam hal ini Bupati atau yang mewakili dapat mengarahkan kepada Dinas terkait seperti Dinas PMD, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, camat dan Kapala desa agar bersama-sama dengan kami TNI Polri untuk mendukung serta membantu Program pelaksanaan Kampung Tangguh Nusantara.

Pelaksanaan Program Kampung Nusantara ini program dari Pusat yang bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah NKRI khususnya di Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah.

Melalui kegiatan Pengukuhan di Desa Sausu Pakareme ini diharapkan peran serta dari seluruh lapisan masyarakat agar program Kampung Tangguh Nusantara dapat terlaksana dan terwujud dengan baik demi kebaikan dan kepentingan masyarakat umum.

Sambutan Bupati Parigi Moutong yang di bacakan Asisten III Bidang Administrasi Umum Armin S.pd, M.Si mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kabupaten Parigi Moutong mengucapkan terimah kasih kepada Kepolisian Resor Parigi Moutong yang telah menggagas kegiatan ini.

Kegiatan ini merupakan rencana besar Kepolisian Republik Indonesia untuk membentuk masyarakat di seluruh Indonesia agar Tangguh menghadapi situasi Pandemi seperti saat ini.

Saya berharap dengan di bentuknya Kampung Tangguh Nusantara ini bukan hanya dijadikan serimonial belaka, akan tetapi benar-benar dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Parigi Moutong.

Keberadaan Kampung Tangguh Nusantara merupakan Penanganan Covid-19 berbasis Komunitas dan gotong royong olehnya partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam hal pencegahan penyebaran COVID-19 terlebih lagi di bulan Ramadhan 1442 Hijriah tahun 2021 akan segera tiba, namun mengingat bulan Ramadhan Tahun ini masih diselimuti Bencana Pandemi COVID-19, maka Pemerintah Kembali mengeluarkan himbauan dengan menertipkan Panduan Ibadah di bulan Ramadhan tahun ini melalui surat Edaran resmi Pemerintah nomor 3 tahun 2021.

Surat edaran ini bertujuan untuk memberikan panduan Ibadah yang sejalan dengan Protokol kesehatan skaligus untuk mencegah serta mengurangi penyebaran dan melindungi masyarakat dari resiko Virus COVID-19.

Olehnya melalui Kesempatan ini saya selaku Pemerintah Daerah mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar mematuhi dan menjalankan Protokol Kesehatan yang telah di keluarkan Pemerintah tersebut, sekaligus menjadi Pelopor dalam Pengaplikasiannya di tengah-tengah masyarakat. Semua ini Pemerintah lakukan semata-mata agar kita semua dapat terhidar dari bahaya Penyebaran Virus COVID-19.

VIAIRWAN SAHAR
BAGIKAN

LEAVE A REPLY