Pemkab Latihan Pemetaan Sistem Informasi Data Pembangungan Daerah Berbasis Web GIS

Pemkab Latihan Pemetaan Sistem Informasi Data Pembangungan Daerah Berbasis Web GIS
Pelatihan system informasi data pembangunan daerah berbasis website Geograpic Information System (GIS) di aula Bapelitbangda Parigi Moutong, Kamis (27/5).

PARIGI MOUTONG – Pemkab Parigi Moutong melalui Badan Perencanaan Penelitaan dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Parigi Moutong menggelar pelatihan system informasi data pembangunan daerah berbasis website Geograpich Information System (GIS).

Kegiatan yang dilaksanakan bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor ini dibuka resmi Bupati Parigi Moutong, yang diwakili Asisten I Pemerintahan Setda Parigi Moutong, Samin Latandu, di aula Bapelitbangda Parigi Moutong, Kamis (27/5).

Kepala Bappelitbangda Parigi Moutong, Irwan mengatakan, sistem berbasis website ini untuk memetakan potensi potensi daerah di Parigi Moutong.

Adanya pelatihan ini, Irwan berharap nantinya akan mudah mengatahui keberadaan potensi daerah yang ada di wilayah Parigi Moutong, dan juga untuk melakukan perencanaan dan memudahkan pemerintah dalam rangka meningkatkan perekonomian.

Secara teknis, Kabid Ekonomi Bappelitbangda Parigi Moutong, Nur Novianti Banda menjelaskan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut hasil konsultasi Bappelitbangda ke Badan Perencanaan Nasional (Bapenas).

Bapenas kata dia menyarankan, pemkab harus membuat software tentang data perencanaan. Jika sudah dibuat nantinya siapapun bisa mengakses atau melihat data potensi potensi Parigi Moutong.

“Awalnya aplikasi ini hanya spesifik untuk kerawanan pangan dan kesehatan saja, namun setelah kami melakukan konsultasi dengan Bapenas, mereka menyarankan untuk dikembangkan lagi lebih lanjut,” terangnya.

Setelah sistem informasi geografis atau GIS data perencanaan pembangunan daerah ini selesai dilaksanakan, akan dilanjutkan lagi dengan monitoring  serta evaluasi pembangunan daerah ini kedepannya.

VIAIRWAN SAHAR
BAGIKAN

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY