Puluhan Guru Ikut Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyelenggara PAUD-HI

Wabup Parigi Moutong, Badrun Nggai

PARIGI MOUTONG – Puluhan guru mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI), di aula rapat Kantor Bappelitbangda Parigi Moutong, Senin (26/10).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan (Disdikbud) Parigi Moutong, Adrudin Nur mengatakan, pengembangan PAUD HI adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial.

Untuk layanan stimulasi holistik katanya, mencakup layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan perlindungan dan kesejahteraan.

“Semua layanan ini akan menjadi kebijakan yang akan dilaksanakan demi pengembangan anak usia dini dengan selalu melibatkan pihak pemerintah, organisasi kemasyarakatan dan para orang tua,” katanya. Tujuan dilaksanakanya bimtek ini tambahnya, untuk meningkatkan kapasitas penyelanggara dalam pelaksanaan PAUD HI di satuan PAUD dan mempercepat penyelenggaraan PAUD HI di satuan PAUD.

Wabup Parigi Moutong, Badrun Nggai dalam sambutannya mengapresiasi Disdikbud yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini.

Ia mengatakan, PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun, yang dilakukan melalui pemberian ransangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

“PAUD HI dilakukan secara stimulan, sistematis serta menyeluruh dan terintegrasi berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal demi mewujudkan anak yang sehat, cerdas dan berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas,” katanya.

Program PAUD HI kata dia, adalah program nasional yang dilaksanakan secara menyeluruh, untuk itu peran aktif dari dinas pendidikan dan kebudayaan sebagai pemerintah harus menjamin terpenuhinya hak tumbuh kembang anak mulai dari usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY