Tingkatkan SDM Pelawa, Ini yang Bakal Dilakukan Boris Rasyid

Tingkatkan SDM Pelawa, Ini yang Bakal Dilakukan Boris Rasyid
Calon Kades Pelawa, Boris Rasyid

PARIGI – Calon Kepala Desa Pelawa Kecamatan Parigi Tengah, Boris Rasyid, berjanji akan tingkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Desa Pelawa, ketika nantinya diberikan amanah memimpin desa.

“Peningkatan SDM lewat peningkatan ekonomi masyarakat, ini menjadi visi saya maju sebagai calon Kades Pelawa,” kata Boris Rasyid kepada Songulara, Jumat (12/03).
Untuk mencapai semua itu kata kakak dari Walikota Palu, Hadiyanto Rasyid ini, maka penguatan ekonomi masyarakat menjadi pilar penting.

Setidaknya, ada empat hal yang perlu dilakukan demi pencapaian peningakatan ekonomi masyarakat yakni dengan cara penguatan pendidikan karakater, peningkatan manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), mengembangkan potensi desa serta meningkatkan mutu pendidikan, seni, budaya dan kesehatan masyarakat.

Penguatan pendidikan karakter dimasyarakat bisa ditempuh dengan cara memperkuat majelis taklim di semua masjid Desa Pelawa, mengajak masyarakat selalu bekerjasama dalam lingkungan sosial.

Memberikan tanggung jawab kepada masyarakat di setiap dusun masing-masing untuk kepentingan sosial, termasuk membudayakan bertutur sapa yang baik dalam lingkungan sosial.

Sedangkan untuk peningkatan manajemen BUMDes ditempuh dengan cara menciptakan lapangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) lewat BUMDes. Memfasilitasi dan mengontrol kegiatan usaha masyarakat serta menjalin kerja sama dengan pelaku usaha.

“Untuk pengembangan potensi wisata bisa dilakukan dengan cara membangun tempat wisata di Pelawa, termasuk memfasilitasi terbangunnya café atau usaha masyarakat lainnya bekerjasa sama dengan pelaku usaha,” katanya.

Kemudian, peningkatan mutu pendidikan, seni, budaya dan kesehatan masyarakat akan dilakukan dengan cara memprogramkan dana penyelesaian study akhir mahasiswa asal Pelawa.

Mengontrol kebersihan lingkungan masyarakat, mendata masyarakat miskin yang layak untuk dibantu serta menekan angka stunting bekerja sama dengan petugas kesehatan desa.

“Insya Allah bila keempat pilar ini terlaksana, maka secara otomatis akan terwujud peningkatan ekonomi masyarakat yang berujung pada meningkatnya SDM di Desa Pelawa kedepan, amin,” pungkasnya.

VIAIRWAN SAHAR
BAGIKAN

LEAVE A REPLY