Wabup Buka Musrembang 2021

Wabup Buka Musrembang 2021
Musrembang Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2021 dalam Rangka penyusunan RKPD Tahun 2022, memantapkan infrastruktur dan pengentasan kemiskinan di aula Bappelitbangda, Rabu (31/1).

PARIGI – Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong, Badrun Nggai membuka Musrembang Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2021 dalam Rangka penyusunan RKPD Tahun 2022, memantapkan infrastruktur dan pengentasan kemiskinan bertempat di aula Bappelitbangda, Rabu (31/1).

Wabup dalam sambutannya mengatakan bahwa musyawarah perencanaan pembangunan rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Parigi Moutong merupakan forum antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusunan rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Parigi Moutong tahun 2022, dimana RKPD mempunyai kedudukan peran dan fungsinya yang sangat strategi dalam penyelengaraan pemerintahan daerah.

Rencana kegiatan di tahun 2022 harus mengalokasikan anggaran pada hal-hal yang lebih priolitas dan efesian sebagaimana harapan pemerintah pusat yakni daerah memfokuskan anggaran pada pembangunan sumberdaya manusia, infrastruktur, penyederhanaan birokrasi dan regulasi serta transportasi ekonomi.

Ia mengingatkan bahwa di tahun 2022 ada tujuh program prioritas yang akan dilaksanakan dengan harapan satu dengan lainnya dapat terhubung sehingga dalam pelaksanaannya dapat saling mendukung yakni Parimo Cerdas, Parimo Sehat,UKM/IKM, Parimo Maju, Parimo Khatulistiwa, Parimo GO, Parimo Hijau berkelanjutan dan Parimo Beriman.

Wabup berharap, pelaksanaan Musrembang ini menjadi media interaktif bagi segenap stakeholder untuk menyelaraskan program dan kegiatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program kegiatan dengan tetap Mengedepankan prinsip yang mendorong tercapainya keserasian, efektifitas, efisiensi transparan Dalam pemanfaatan sumber pendanaan pembangunan daerah tahun anggaran tahun 2022.

Sementara, Ketua panitia pelaksana, Iqbal Karim, melaporkan bahwa pelaksanaan Musrenbang tahun anggaran 2021, dilaksanakan mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah serta tata cara evaluasi raperda tentang RPJPD, RPJMD dan tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) dan perubahan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) serta rencana kerja Pemerintahan daerah (RKPD).

Iqbal mengatakan, Musrembang Kabupaten Parigi Moutong bertujuan menampung berbagai masukan dan usulan dari Stakeholders guna penajaman, penyelarasan dan penyempurnaan kerangka regulasi dan anggaran yang akan dituangkan dalam RKPD Kabupaten Parigi Moutong tahun anggaran 2022, untuk selanjutnya akan digunakan sebagai bahan penyusunan RAPBD Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2022.

Musrembang Kabupaten Parigi Moutong diikuti Forkopimda Kabupaten Parigi Moutong, Anggota DPRD Parigi Moutong, Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala OPD Parigi Moutonf, BUMD, Delegasi Kecamatan, Unsur LSM, Asosiasi, Organisasi Wanita /Profesi, Perbankan, Tokoh masyarakat dan Perguruan Tinggi.

VIAIRWAN SAHAR S.Sos
BAGIKAN

LEAVE A REPLY