Sutradara dan Pemain Film Hadir di Parigi Moutong

268
Kabid Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Parigi Moutong, Eni Sosilawati

PARIGI MOUTONG – Salah satu program nasional bakal digelar di Kabupaten Parigi Moutong pada tanggal 8 April 2017. Kegiatan itu bertemakan persemayan nilai budaya melalui media inspiratif. Kegiatan ini akan menghadirkan 750 guru dan 750 siswa sekolah se Kabupaten Parigi Moutong. Menariknya pada acara yang digelar di Auditorium kantor Bupati itu dihadiri sutradara dan pemain film anak bangsa Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong, Eni Sosilawati yang ditemui Songulara, Rabu (5/4) diruang kerjanya.

Eni mengatakan, rangkaian kegiatan dari tema tersebut yakni, pemutaran film terbaik anak bangsa. Film tersebut akan ditonton oleh 750 guru dan siswa sekolah SD/SMP se Kabupaten Parigi Moutong. Adapun sasarannya, untuk siswa SD mulai dari kelas IV dan kelas V, sedangkan sekolah SMP mulai dari kelas VII dan kelas VIII.

“Namun khusus sekolah SD dan SMP yang ada di eks kota Parigi, kuotanya lebih banyak yakni 300 siswa, agar supaya koordinasinya lebih dekat dan biaya oprasionalnya tidak terlalu banyak,” ujarnya.

Kata Eni, pusat kegiatan akan digelar di Auditorium kantor bupati dengan dua sesi. Sesi pertama karena bersamaan dengan acara seremonial, maka pada sesi pertama bagian untuk acara 750 guru. Jadi, sesi kegiatan untuk guru digelar pada pagi hari, dan mereka akan diputarkan film tentang karakter menjadi seorang guru. Adapun judul film yang akan ditonton oleh guru yakni film ‘Kita Versus Korupsi’.

“Film ini sebenarnya mengajarkan kita tentang sifat korupsi itu tidak hanya dilakukan oleh pejabat tinggi negara, namun ternyata pejabat di daerah terpencil pun bisa tergiur dengan persoalan korupsi, sehingga film ini mengamanatkan bagaimana membentuk mental karakter seorang guru yang benar-benar jauh dari sifat korupsi,” tuturnya.

Lanjut ia mengatakan, usai acara pemutaran film selesai, akan dilanjutkan dengan dialog interaktif bersama pihak kementerian pendidikan dan kebudayaan, termasuk dengan artis dan sutradara dari film tersebut. Setelah itu, sesi kedua akan dilanjutkan dengan pemutaran filmanak-anak untuk 750 siswa SD/SMP, judul film akan akan dinonton oleh anak-anak siswa yakni film ‘Air Mata Bunda’. Film ini pun akan dihadiri langsung oleh sutradara dan artis cilik dari film itu.

“Setelah itu akan dilakukan motivator anak oleh Ketua PKK, Noor Wachida Prihartini Tombolotutu yang juga bunda PAUD Kabupaten Parigi Moutong,” tuturnya.

Selain pemutaran film, dalam acara itu para guru akan diberikan penghargaan sertifikat, gudebag, 18 CD film anak bangsa, sedangkan untuk siswa akan diberikan seluruh perlengkapan sekolah.

Ditambahkannya, khusus kementerian, yang bakal hadir nanti yakni Dirtjen kebudayaan, Direktur sejarah perfilmman, dan Direktur warisan dan diplomasi budaya.

Menurutnya, kegiatan itu merupakan salah satu tindak lanjut bahwa kebudayaan kini telah dikembalikan ke dunia pendidikan. Disadarinya, bahwa akhir-akhir ini generasi muda, khususnya anak-anak telah melupakan kebudayaan leluhur, dan sifat karakter anak muda saat ini telah sangat jauh dari norma-norma pendidikan yang diterapkan. AKSA

LEAVE A REPLY