PARIGI MOUTONG-  Tidak ada aral melintang, dalam waktu dekat status Rumah Sakit Pratama (RSP) Buluye Nopoae Moutong akan berubah dan meningkat menjadi RS dengan tipe D.

Ini dikemukakan Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu didampingi sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Parigi Moutong, saat melakukan peninjauan secara langsung pelayanan medis di RSP Buluye Nopoae Moutong.

Pembangunan RSP kata Bupati sebagai upaya pemerintah dalam mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Demikian halnya dengan upaya  meningkatkan tipikal RS, tentunya berbarengan dengan peningkatan fasilitas dan kualitas pelayan.

“Peningkatan pelayanan terhadap pasien harus menjadi prioritas. Begitu juga dengan kebersihan lingkungan RS harus sesuai dengan standar sesuai tipenya,” pinta Bupati kepada Direktur dan seluruh petugas medis RSP.

Terkait kondisi listrik yang belum memadai akibat travo yang belum terpasang hingga saat ini, pihaknya mendesak Pimpinan PLN Moutong segera berkoordinasi dengan PLN Cabang Tolitoli, agar suplai listrik ke RS itu bisa segera teratasi.

Travo listrik itu katanya sangat dibutuhkan RS untuk mendukung sejumlah peralatan medis yang akan difungsikan para dokter ahli.

Orang nomor 1 di Parigi Moutong itu nampak kesal, karena apa yang sudah ia perjuangkan kurang dindahkan PLN Moutong. Padahal dukungan fasilitas itu semata-mata untuk kepentingan pelayanan kepada masyarakat.

“Sebelumnya saya sudah belikan travo baru dan kabel listrik standar PLN. Tapi sampai sekarang belum dipasang. Belum juga travo itu dipasang, malah pimpinan PLN Moutong minta beli yang baru dengan alasan daya travonya kecil. Padahal teknis perencanaan pembelian travo ini atas usulan kepala PLN Moutong yang lama,”.

“Seharusnya, travo yang baru itu saja dulu dipasang, agar tidak terjadi duplikasi. Kalau yang baru itu tidak dipasang lalu minta beli lagi yang baru, ini akan menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), itu yang harus kita hindari,” terang Samsurizal.

Kunjungan Bupati ke RSP itu merupakan rangkaian dari Safari Ramadhan Pemkab Parigi Moutong ke wilayah Kecamatan Moutong.FAIZ

LEAVE A REPLY