Menteri DPDTT Resmi Buka Gelaran TTG ke XIX

336
Pemukulan Gimba sebagai oleh Menteri Eko Putro Sandjojo, didampingi Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, Anggota DPD RI, Nurmawati Bantilan dan Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu. Foto : Idho

PARIGI MOUTONG – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Eko Putro Sandjojo, buka resmi Gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional ke XIX tahun 2017 di Kabupaten Parigi Moutong, Rabu (27/9).

Peresmian Gelaran TTG ini ditandai dengan pemukulan Gimba oleh Menteri DPDTT didampingi Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, Anggota DPD RI, Nurmawati Bantilan dan Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu.

Menurut Eko, Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, namun ini belum mampu dikelola secara optimal oleh masyarakat khususnya di pedesaan. Salah satu fakor penyebabnya ialah kurangnya keterampilan dan kemampuan dalam mengelolahnya.

“Dengan adanya TTG, merupakan salah satu cara atau pendekatan yang ampuh untuk mendorong percepatan mewujudkan kemandirian masyarakat, yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas hasil produksi dan tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Diselenggarakannya TTG di Kabupaten Parigi Moutong katanya, merupakan ide dari Gubernur Sulteng dan Bupati Parigi Moutong, karena lokasi eks Sail Tomini yang dibangun sangat mahal itu harus dimanfaatkan.

Sebelumnya, Direktur Jendral (Dirjen) Pembagunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementerian DPDTT, Ahmad Erani Yustika melaporkan, penetapan Parigi Moutong sebagai tuan rumah TTG tahun 2017 berdasarkan hasil kesepakatan dalam rapat koordinasi nasional tanggal 8 Oktober 2015 di Kota Banda Aceh, yang dihadiri seluruh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa provinsi dan kabupaten di Indonesia.

“Kegiatan ini bertujuan memasyarakatkan hasil inovasi TTG anak bangsa yang begitu banyak dan tersebar di seluruh penjuru tanah air. Selain itu juga menjadi ajang promosi pertukaran informasi terkait pengembangan dan pemanfaatan TTG untuk kemajuan ekonomi masyarakat khusunya yang bermukim di pedesaan,” tuturnya.

Gelaran TTG yang dilaksanakan di Kabupaten Parigi Moutong merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan Kementrian DPDTT secara mandiri, dimana perhelatan sebelumnya dilaksanakan di Provinsi NTB pada tahun 2016. AKSA

LEAVE A REPLY