Cegah Penyakit Menular, Warga Dimbau Terapkan PHBS

67
Kepala Dinkes Parigi Moutong, Revi Tilaar

PARIGI MOUTONG-Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parigi Moutong Revi Tilaar menghimbau kepada warga Kabupaten Parigi Moutong, menerapkan pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),untuk mencegah munculnya penyakit menular.

“Apalagi saat ini kondisi cuaca tidak stabil, kadang panas, kadang juga hujan, potensi munculnya menyakit menular semakin besar, kalau lagi panas biasanya penyakit diare yang muncul, kalau musim hujan penyakit Deman Berdah (DBD),” kata Revi.

Meskipun di Parigi Moutong penyakit DBD terbilang lebih kecil dibandingkan daerah lain, namu menurut Revi, harus tetap di cegah dengan cara penerapan PHBS dimulai dari lingkungan yang paling kecil yaitu rumah sendiri.

Menurutnya, PHBS merupakan prilaku yang diterapkan oleh setiap individu dengan kemauan dan kesadaran yang tinggi dalam upaya peningkatan kesehatan masing masing. Selain itu, ikut serta perperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang sehat.

“Untuk itu, sudah seharusnya PHBS ini diterapkan dalam setiap sisi kehidupan masyarakat, baik itu di rumah tangga atau keluarga maupun di tempat umum, sebab hal tersebut merupakan sikap dan tindakan yang bisa membentuk kebiasaan yang pada akhirnya akan membudaya,” jelasnya.

Lanjut Revi menjelaskan,untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan jauh dari berbagai penyakit yang membahayakan kesehatan, maka penerapan PHBS di lingkungan masyarakat sangatlah penting, yang tentunya diawali oleh kesadaran yang tinggi dari individu dan keluarga.

Dia mengharapkan agar seluruh masyarakat dapat menerapkan PHBS dilingkunganya,agar beragam kasus penyakit yang membahayakan tidak terjadi di Parigi Moutong. IWAN TJ

LEAVE A REPLY