Dinas TPHP dan BLP Sajikan Menu Ikan Segar Untuk Pengungsi Pasigala

23

PARIGI MOUTONG – Relawan Sulteng Bangkit Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong terus melanjutkan misi kemanusiaan membantu korban gempa di Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) yang hingga kini bertahan di lokasi pengungsian.
Bantuan yang diberikan setiap hari berupa makanan siap saji bagi pengungsi di wilayah Palu Barat yaitu di Posko Masjid Agung Palu, Posko Gawalise, Pokso Buluri dan Posko Tipo.
Sementara, untuk Kabupaten Sigi, selain membagikan makanan siap saji, Relawan Sulteng Bangkit Kabupaten Parigi Moutong juga membantu membangun sejumlah fasilitas publik yang rusak akibat gempa dan banjir bandang di Desa Salua dan Bangga Kecamatan Kulawi.
Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) bersama Badan Layanan Pengadaan Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong yang tergabung dalam tim relawan tersebut, Kamis (8/11) bertugas menyiapkan sekaligus membagikan makanan siap saji bagi warga korban gempa di Pokso pengungsian wilayah Palu Barat dan Kabupaten Sigi.
Kepala Dinas TPHP Kabupaten Parigi Moutong, Nelson Metubun SP mengatakan, total ada sebanyak 4.000 nasi bungkus yang dibagikan hari ini.
Makanan yang dibagikan itu terdiri dari  berbagai macam jenis menu diantaranya ikan segar dilengkapi sayuran “Hari ini kami menyiapkan ikan segar. Makanan yang kami sediakan ini mungkin tidak seberapa namun setidaknya kami bisa berbagi,”kata Nelson ditemui di dapur umum kelurahan Kabonena Palu, Kamis (8/11).
Dinas TPHP katanya dibantu Bagian Layanan Pengadaan dan perkumpulan kelompok Tani, Dinas TPHP Kabupaten Parigi Moutong. Dari Parigi, mereka membawa berbagai makanan, mulai dari ubi kayu, ubi jalar, pisang, beras 450 Kg dan air menineral 125  dus “Kami turun ke sini ada 8 mobil dengan kekuatan personil  sekitar 70 orang,”ujarnya
Nelson mengatakan, meski hanya sebatas menyediakan makanan siap saji, setidaknya dapat membantu mengurangi penderitaan korban gempa di wilayah Pasigala “Makanan yang kami siapkan tidak seberapa nilainya, tapi mudah-mudahan bantuan ini bisa mengurangi penderitaan warga yang tinggal di pengungsian,”ujarnya.
Selain menyediakan makanan siap saji, Dinas TPHP juga membantu sejumlah peralatan olahraga kepada warga di pengungsian diantaranya, 2 unit bola kaki, 2 unit bola volly dilengkapi net, 2 unit bola takraw beserta net dan 2 set peralatan domino yang diperuntukan bagi masyarakat Desa Salua Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi.

LEAVE A REPLY