OPD Diminta Bantu Atasi Penyakit TBC

12
Wakil Bupati Parigi Moutong, H Badrun Nggai SE membuka rapat koordinasi dan sinkronisasi program kegiatan penanggulangan tuberkulosis (TBC) di aula kantor Bappelitbangda Kabupaten Parigi Moutong.

PARIGI MOUTONG – Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Parigi Moutong ikut membantu mengatasi penyakit Tuberculosis (TBC) yang setiap tahun jumlahnya terus meningkat di Kabupaten Parigi Moutong.

“Melihat persentase pengidap TBC di daerah ini cukup memperihatinkan, saya mengimbau OPD terkait untuk sama-sama membantu mengatasi penyakit TBC ini hingga sampai ke kecamatan dan desa. Ini bukan hanya tanggungjawab Dinas Kesehatan, tapi OPD terkait, pemerintah kecamatan dan desa harus ikut membantu mengetahui dan mendata serta mensosialisasikan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit TBC,” pinta Wakil Bupati  saat rapat koordinasi dan sinkronisasi program kegiatan penanggulangan tuberkulosis (TBC) di aula kantor Bappelitbangda Parigi Moutong, belum lama ini.

Badrun meminta OPD terkait lebih giat turun ke lapangan mensosialisasikan dampak dari penyakit tersebut.

“Bukan hanya panyakit TBC akan tetapi semua jenis penyakit lainnya yang dianggap dapat menular harus terus disosialisasikan kepada masyarakat. Ini perlu ditargertkan untuk lima tahun kedepannya sehingga bisa mendapatkan hasil yang baik,” katanya.

Sesuai target pemerintah pusat untuk menurunkan angka penderita pengidap penyakit TBC di tahun 2019, Badrun berharap Dinas Kesehatan terus berupaya mencari tahu data warga wilayah mana saja yang masih  enggan datang berobat akibat penyakit yang dideritanya, sehingga penularan penyakit TBC ini dapat dicegah secara dini dan tidak membahayakan bagi masyarakat lainnya.

“Dengan adanya pencegahan secara dini, diharapkan bisa mencapai target yang dimaksud yaitu dapat menurunkan angka pengidap penyakit TBC di Parigi Moutong,” harapnya.

Sebelumnya, Plt Sekretaris Bappelitbangda, Irwan mengatakan, rapat koordinasi dan sinkronisasi ini dilaksanakan sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah dalam  mengatasi serta mengeliminasi penyakit tuberkulosis (TBC) di Parigi Moutong.

Penyakit TBC katanya harus menjadi perioritas utama sebab melihat peringkat penderita penyakit TBC di di Indonesia cukup memprihatinkan. Indonesia masuk peringkat teratas kedua setelah negara India. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Parigi Moutong, jumlah penderita penyakit TBC semakin meningkat.

“Bappelitbangda sangat mendukung adanya kegiatan ini karena untuk mengeliminasi penyakit ini sesuai target dinas kesehatan untuk sepuluh tahun kedepan penyakit TBC ini bisa tuntas dan dapat disembuhkan ditengah masyarakat, untuk itu perlu adanya komitmen dari OPD terkait untuk bagaimana menurunkan tingkat penderita TBC khususnya di Parigi Moutong,” ujarnya.

LEAVE A REPLY