PKK Mepanga Raih Juara I Lomba Masak Serba Ikan

26
Ketua TP PKK Parigi Moutong, Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu, menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba cipta menu yang dilaksanakan TP PKK Parigi Moutong bersama dua dinas.

PARIGI MOUTONG – Tim Penggerak PKK Kecamatan Mepanga berhasil meraih juara I dalam lomba cipta menu serba ikan yang digelar TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong bekerjasama dengan Dinas Keluatan dan Perikanan serta Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Parigi Moutong di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kelurahan Masigi, Minggu (2/12).

Disusul TP-PKK Kecamatan Palasa sebagai juara II dan TP-PKK Kecamatan Torue sebagai juara III. Sementara, juara harapan satu, dua dan tiga diraih TP-PKK Kecamatan Ampibabo, Kasimbar dan Sausu.

Sedangkan khusus untuk lomba masakan  beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA), juara I juga diraih oleh TP-PKK Kecamatan Mepangga, juara II TP-PKK Kecamatan Sidoan, juara III TP-PKK Kecamatan Palasa dan juara harapan satu, dua dan tiga diraih TP-PKK Kecamatan Ampibabo, Torue dan Moutong.

Ketua TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong, Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu mengapresiasi TP-PKK kecamatan yang telah mengikuti kegiatan itu. Seyogyanya kegiatan itu  diikuti oleh 23 kecamatan, namun hanya 20 kecamatan yang ikut berpartisipasi. Kecamatan yang tidak mengikuti lomba cipta menu for ikan adalah Kecamatan Taopa, Toribulu dan Parigi Tengah.

“Kecamatan yang tidak mengirimkan pesertanya berarti Pokja 3 kecamatan tidak melaksanakan kegiatan di wilayahnya,” ujar Noor Wachida.

Lomba cipta menu itu katanya, merupakan tindak lanjut dari proses belajar yang dilakukan kader PKK di Institut Pertanian Bogor (IPB). Disana telah diajarkan cara memasak makanan dengan angka kecukupun gizi.

“Tentunya para ibu ibu telah banyak pengalaman dalam menciptakan menu beragam yang berprotein tinggi apalagi sudah pernah mengikuti pelatihan dari IPB Bogor,” ujar bunda For Ikan itu.

Selain itu, TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong telah banyak melakukan berbagai program kegiatan hingga sampai ke pelosok desa, utamanya program pemberian makanan tambahan bagi balita dan lansia.

“Saya berharap kegiatan ini dapat terus berkelanjutan, sehingga akan semakin banyak masyarakat yang mengonsumsi  masakan  beragam, bergizi, seimbang dan aman.” pungkasnya.

Sementara, Bupati Parigi Moutong diwakili Sekretaris Daerah, Ardi Kadir menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan dan TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong yang telah menggagas lomba cipta menu serba ikan tahun ini.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan seperti itu, animo masyarakat untuk mengkonsumsi ikan terus meningkat, sehingga nantinya hasil dari lomba masak ini dapat menciptakan kreasi menu masakan berbahan baku ikan yang dapat menjadi salah satu daya tarik wisata dibidang kuliner.

Selama ini kata Bupati, pemanfaatan bahan baku ikan masih sebatas untuk lauk pauk semata, padahal bila dicermati, olahan daging ikan dapat dijadikan berbagai macam menu masakan. “Apabila semua itu dikelola dan diolah oleh industri rumah tangga atau usaha kelompok rumah tangga, tentu dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan mendorong tumbuh dan berkembangnya ekonomi masyarakat,” kata Bupati.

Konsumsi pangan yang memenuhi prinsip B2SA dalam keluarga kata Bupati, dilakukan melalui pemilihan bahan pangan dan penyusunan menu kualitas konsumsi. Pola konsumsi pangan B2SA ini juga mengarahkan agar pemanfaatan pangan dalam tubuh dapat optimal, dengan peningkatan kesadaran atas pentingnya pola konsumsi beragam dengan gizi seimbang mencakup energi, protein, vitamin dan mineral serta aman.

“Untuk itu, penanaman kesadaran pola konsumsi yang sehat perlu dilakukan sejak dini melalui pendidikan formal dan non-formal kesadaran yang baik akan lebih menjamin terpenuhinya kebutuhan gizi masing-masing anggota keluarga sesuai dengan tingkat usia dan kebutuhannya,” paparnya.

LEAVE A REPLY