DTPHP Usulkan Pencetakan 500 Hektar Sawah ke Pusat

24

PARIGI MOUTONG – Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Pertanian (DTPHP) Parigi Moutong bakal mengusulkan perluasan dan percetakan sawah baru seluas 500 hektar ke pemerintah pusat tahun depan.

Kepala DTPHP Parigi Moutong, Nelson Metubun mengatakan, data yang diajukan sekitar 500 hektar luasan untuk pencetakan sawah baru masih pengajuan asal. Sebab prosedur dalam pelaksanaan program cetak sawah baru memiliki alur alur kegiatan yang harus dilaksanakan sebelum  dilakukan proses pencetakannya.

Seperti adanya proposal dari kelompok tani, karena dengan proposal itu menunjukan kelompok tani bersangkutan berkeinginan memiliki sawah baru dari luasan yang dimiliki sebelumnya.

“Setelah masuk proposalnya, kami rekap dan diajukan ke provinsi dan langkah berikutnya dilakukan Survei Identivikasi dan Desain (SID), yang akan dilakukan oleh Kementrian dan Perguruan Tinggi,” kata Nelson kepada Songulara belum lama ini.

Selain itu, tahun ini Parigi Moutong akan mendapatkan satu unit eksavator untuk cetak sawah baru.

“Kita sudah dijanjikan oleh mentri pertanian,  tahun depan berapapun potensi yang kita ajukan untuk perluasan areal melalui proyek cetak sawah baru akan difasilitasi sepenuhnya oleh Kementrian Pertanian,” ujarnya. AKSA

LEAVE A REPLY