Peringatan Hari Nusantara, Tiga Sekolah Terima Adiwiyata

50
Sekretaris Daerah Parigi Moutong, H. Ardi Kadir meyerahkan piagam penghargaan Sekolah Adiwiyata di halaman kantor Bupati, Senin (17/12). Foto : Yusuf/Humas Pemda

PARIGI MOUTONG – Tiga Sekolah di Kabupaten Parigi Moutong menerima penghargaan sekolah Adiwiyata atau sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Penghargaan diberikan kepada SDN 3 Parigi, Madrasah Tsnawiyah Sausu dan SMK Toribulu.

Penghargaan itu diserahkan Bupati Parigi Moutong melalui Sekda Parigi Moutong, H. Ardi, Kadir kepada para kepala sekolah pada upacara peringatan Hari Nusantara tingkat Kabupaten Parigi Moutong dirangkaikan upacara setiap tanggal bulan berjalan di halaman kantor Bupati, Senin (17/12).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumulo, dalam sambutan yang dibacakan Ardi, mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan Hari Nusantara sebagai momentum mempertebal  semangat kebangsaan, persatuan dan kebersamaan di tengah kebhinekaan, tetap melaksanakan pembangunan nusantara, meningkatkan kerjasama dalam pengelolaan wilayah laut dan wilayah perbatasan, mempertahankan kedaulatan negara dalam wadah NKRI serta mendorong masyarakat indonesia untuk memahami arti penting wawasan nusantara.

“Kita perlu optimis bahwa pembangunan kelautan akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat bangsa dan negara,” kata Mendagri.

Mendagri meminta kepada seluruh pemangku kepentingan untuk terus meningkatkan pengelolaan potensi sumber daya kelautan, seperti meningkatkan kontribusi sektor kelautan terhadap pendapatan negara.

“Dengan demikian, kehidupan nelayan yang hidup di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil semakin sejahtera,” ujarnya.

Dia mengingatkan, tahun depan Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi secara nasional yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota secara bersama-sama.

Ia meminta kepada masyarakat dapat turut menjaga kestabilan, keamanan dan ketertiban, menyambut pesta demokrasi tersebut. Menggunakan hak untuk berpartisipasi politik pada pesta demokrasi tersebut, tolak dan lawan politik uang, hoax, sara, fitnah, dan kampanye dengan ujaran kebencian,

“Jadilah pemilih yang cerdas dengan melihat program, gagasan, dan konsep yang nyata sebagai indikator untuk memilih calon pemimpin negeri ini dan calon-calon wakil rakyat pada pemilu 2019,” pintanya

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan terima kasih kepada seluruh OPD yang turut berpartisipasi menjadi relawan baik untuk korban bencana di Palu, Sigi, Donggala maupun di Parigi.

“Terima kasih kepada OPD yang selama ini bersedia meluangkan waktu, tenaga dan pikiran membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan kita.  Semoga apa yang saudara-saudara lakukan mendapat balasan pahaladari Allah SWT dan bernilai ibadah,” ujarnya.

LEAVE A REPLY