Dana Stimulan dan Santunan Duka Bagi Korban Dampak Gempa akan Segera Dicairkan

39

PARIGI MOUTONG – Dalam waktu dekat, dana stimulan dan santunan duka bagi korban dampak gempa di Kabupaten Parigi Moutong akan dicairkan.
Percepatan pencairan dana stimulan dan santunan bagi korban gempa di Parigi Moutong merupakan intruksi langsung Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla.
Pencairan dana stimulan dan santunan duka, juga bersamaan dengan Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi, dengan tujuan untuk mempercepat pemulihan dan rekontruksi bencana di Provinsi Sulawesi Tengah.
Penyaluran danavtersebut akan segera direalisasikan tanpa harus menunggu selesainya verifikasi, dengan sistim pembayaran sesuai data yang ada by name by adress bagi rumah rusak dan santunan duka bagi korban yang meninggal akibat gempa.
Hal itu diungkapkan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo saat memimpin rapat bersama Gubernur Sulteng Longki Djanggola, Walikota Palu Hidayat, Wakil Bupati Sigi Paulina, Wakil Bupati Donggala Moh Yasin dan Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai, bertempat di Kantor BNPB Jakarta, Senin (4/2/19).
Pecepatan pemulihan diwilayah Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong (PADAGIMO) menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah khususnya Kabupaten Parigi Moutong sebagai Wilayah terdampak.
Dalam penyaluran dana stimulan dilakukan secara bertahap, dibayarkan terlebih dahulu bagi rumah warga yang rusak ringan, kemudian di data atau di verifikasi kembali bagi rumah rusak sedang dan rusak berat untuk mendapatkan dana yang sama. Verifikasi akan dibantu oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari kesatuan Zipur.
“Segera perbantukan personil dari beberapa wilayah terdekat untuk memback up, karena diperlukan personil yang cukup banyak untuk melakukan verifikasi agar target sesuai intruksi Wapres paling tidak dua minggu sudah dipastikan siapa saja yang rumahnya rusak sedang dan rusak berat yang akan diperbaiki, atau mungkin rusak berat yang harus masuk Huntap,” ujar Kepala BNPB yang belum lama dilantik itu.
Masyarakat korban Gempa diharuskan membuka rekening Bank masing masing, dan diisepakati untuk penyaluran dana stimulan dan santunan duka bagi warga korban gempa untuk Kota Palu melalui Bank Mandiri, Kabupaten Sigi melalui Bank BNI sedangkan Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong melalui Bank BRI.
Kucuran Anggaran dana Stimulan melalui BNPB pusat, sedangkan Dana Santunan dikucurkan melalui Kementerian Sosial RI.

LEAVE A REPLY