Produk Perikanan dan Pertanian Parigi Moutong Berpeluang Tembus Pasar Dunia

22
Wakil Bupati Parigi Moutong, H Badrun Nggai SE beraudiensi dengan Dirjen PDT, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI, Samsul Widodo dan pihak Perusahaan terkait rencana pemasaran hasil produk perikanan dan pertanian Kabupaten Parigi Moutong di Jakarta, Rabu (6/2). Foto : IST

PARIGI MOUTONG –  Visi Pemkab Parigi Moutong 2018-2023 untuk menjadi daerah terdepan, maju, adil, merata, berkelanjutan dan berdaya saing dibawah kepemimpinan Bupati H. Samsurizal Tombolotu dan Wakil Bupati H. Badrun Nggai, SE terus dimantapkan.

Berbagai terobosan untuk mewujudkan pembangunan ekonomi yang adil dan meningkatkan investasi dibidang pertanian dan perikanan akan terus menjadi perhatian pasangan Petahana yang terpilih kembali pada periode kedua itu.

Salah satu terobosan yang tengah dirintis Pemkab Parigi Moutong saat ini adalah menjalin kerjasama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) bersama sejumlah pengusaha untuk memasarkan produk hasil perikanan dan pertanian Parigi Moutong ke sejumlah negara. Rencananya, pemasaran produk produk olahan perikanan dan pertanian itu akan dijual ke sejumlah Negara dengan sistem online.

Menindaklanjuti rencana tersebut, Wakil Bupati Parigi Moutong, H Badrun Nggai SE beraudiensi dengan Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal Kementrian PDTT,  Samsul Widodo dan pihak Perusahaan di Jakarta, Rabu (6/2).

Dalam pertemuan itu, Wakil Bupati Badrun Nggai memaparkan secara singkat potensi produk perikanan dan pertanian Parigi Moutong. Namun, katanya perlu dilakukan kajian, produk apa saja yang memiliki prospek untuk dipasarkan.

“Kami sangat berharap melalui Pak Dirjen, komoditi perikanan dan pertanian Parigi Moutong bisa segera diidentifikasi, mana yang memiliki prospek untuk dipasarkan sesuai dengan syarat yang diinginkan oleh konsumen,” kata Badrun Nggai.

Ia juga berharap kerjasama ini akan melahirkan multiplier efek terhadap peningkatkan perekonomian masyarakat Parigi Moutong. Apalagi katanya, sebagian besar masyarakat menggantungkan hidupnya pada sektor perikanan dan pertanian, tentu jika kerjasama ini berhasil akan memberikan dampak ekonomi yang positif bagi masyarakat.

“Apalagi pemasarannya menggunakan sistem online, sehingga akan semakin mudah diakses oleh pasar. Saya berharap kerjasama ini akan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Parigi Moutong,” tandasnya.

Dirjen PDT Kementrian PDTT,  Samsul Widodo mengaku siap membantu Pemkab Parigi Moutong memasarkan produk unggulan yang dimiliki khususnya di sektor perikanan dan pertanian. Samsul mengaku banyak memperoleh referensi terkait potensi unggulan Parigi Moutong.

“Saya memperoleh banyak informasi terkait potensi khususnya di dua sektor itu. Mudah mudahan kerjasama ini akan segera runing,” kata Samsul Widodo.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Parigi Moutong, Efendi Batjo SSos yang ikut dalam pertemuan itu menambahkan, untuk mendukung keberhasilan pemasaran produk perikanan dan pertanian itu, pihak Perusahaan yang ditunjuk oleh Kementerian Desa PDTT akan melatih masyarakat yang selama ini bekerja pada sektor komoditi perikanan dan pertanian itu sebagai operator sekaligus admin pemasaran.

“Sesuai rencana bulan Februari ini pihak perusahaan akan ke Parigi untuk melatih masyarakat sebagai admin. Setelah diidentifikasi komoditi apa yang paling dibutuhkan konsumen negara –negara di dunia, maka masyarakat bisa langsung memasarkan produk itu secara online tanpa intervensi perusahaan atau pemerintah. Jadi transaksi ekonominya bisa langsung antara konsumen dengan masyarakat,” kata Efendi Batjo.

Beberapa produk unggulan di sektor perikanan dan pertanian yang diminati pasar dunia saat ini, salah satunya adalah rumput laut dan kelor.

LEAVE A REPLY