Kejuaraan Balap Motor, Cara Polres Parigi Moutong Turunkan Angka Lakalantas

30
Kapolres Parigi Moutong, AKBP Zulham Efendi Lubis SIK menyerahkan tropy kepada Indra Aditya Aira Yawan Jaya dari Akai Jaya Roti Bakar Mamen Gada Racing Team Palu sebagai juara umum kejuaraan balap motor piala Kapolres. Selain tropy, Indra berhasil membawa pulang 1 unit sepeda motor Suzuki FU 150. (Foto:Yusuf/Humas Pemda)

PARIGI MOUTONG – Kepolisian Resort (Polres) Parigi Moutong memiliki cara sendiri menurunkan angka kecelakaan lalulintas (lakalantas) di wilayah kerjanya. Salah satu metode meminimalisir angka lakalantas di wilayah penghasil beras itu adalah dengan menggelar kejuaraan balap motor Piala Kapolres seperti yang digelar akhir pekan kemarin.
Kapolres Parigi Moutong, AKBP Zulham Efendi Lubis SIK mengatakan, kejuaraan balap motor itu merupakan salah satu cara bagi jajarannya agar tidak ada lagi masyarakat yang melakukan balapan liar di jalan umum yang bisa berakibat pada lakalantas. Berdasarkan data Kepolisian Republik Indonesia, lebih dari 30 ribu pengendara menjadi korban lakalantas. “Dari data tersebut khusus di Provinsi Sulawesi Tengah, angka lakalantas tertinggi ada di Kabupaten Parigi Moutong. Makanya kami menggelar kejuaraan balap motor ini, agar tidak ada lagi yang melakukan balapan liar di jalan umum,” kata Zulham Efendi Lubis dalam sambutannya ketika menutup kejuaraan balap motor piala Kapolres Parigi Moutong di alun alun Kantor Bupati, Minggu (10/2).
Kapolres berharap, peserta yang telah berhasil meraih juara di event itu untuk tidak berpuas diri. Tetapi terus meningkatkan kemampuan dengan cara mengikuti event balap motor lainnya. Bagi yang belum berhasil meraih juara, ia meminta untuk tidak berkecil hati.
“Yang sudah meraih juara saya harapkan untuk tidak berpuas diri, teruslah berlatih dan tingkatkan prestasi saudara di tingkat Nasional maupun Internasional,” harapnya.
Kapolres juga berharap kegiatan itu bisa dilaksanakan secara bersinambungan. Pihaknya akan terus memberikan dukungan kepada generasi muda yang memiliki bakat dibidang olahraga, termasuk olahraga balap motor.
“Kami bersama Pemerintah Daerah pasti akan selalu mendukung kegiatan positif seperti ini,” ujarnya.
Pada kesempatan itu, Kapolres mengimbau masyarakat dapat mensukseskan Festival Millennial Road Safety yang akan digelar di alun-alun Kantor Bupati Parigi Moutong. “Kegiatan ini juga untuk mengevaluasi angka lakalantas kita karena selama 5 tahun terakhir angka lakalantas kita secara Nasional masih tertinggi,” ungkapnya.
Road Race yang berlangsung selama tiga hari itu berhasil menobatkan Indra Aditya yang dinaungi Aira Yawan Jaya, Akai Jaya Roti Bakar Mamen Gada Racing Team Palu sebagai juara umum dengan nilai 58 poin dan berhak mendapatkan hadiah utama 1 unit sepeda motor Suzuki FU 150 dan Tropy Kapolres Parigi Moutong.
Penutupan road race itu, dihadiri oleh Bupati Parigi Moutong diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong dr. Agus S Hadi, Ketua KONI Kabupaten Parigi Moutong Faisan Badja dan Ketua Mandala Utama Motor Mohammad Tahir.

LEAVE A REPLY