Parigi Moutong Kembali Wakili Sulteng, Ikuti Gelar Tari Tingkat Nasional di Taman Mini

39
Penampilan Sanggar Seni Nolaja SMP Negeri 3 Parigi pada lomba Gelar Koreografi Indonesia di Berau Kalimantan Timur beberapa waktu lalu. Foto : Dok

Parigi Moutong – Kabupaten Parigi Moutong kembali mewakili Sulawesi Tengah (Sulteng) pada kegiatan gelar tari tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Taman Mini Indonesia. Agenda nasional tersebut akan dilaksanakan pada Agustus 2019 mendatang.
“Saat ini kami sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti parade tari di Taman Mini,” ujar Kabid Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi Moutong, Eny Susilowati.
Dia mengatakan, sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan penata tari dari Parigi Moutong diberangkat ke Jakarta, untuk mengikuti workshop yang dilaksanakan oleh pihak Taman Mini.
Hal itu kata dia, untuk mengetahui apa saja yang menjadi topik atau tema dari parade tari tingkat nasional tahun 2019 tersebut.
Menurut dia, konsep secara umumnya berkaitan dengan asal usul suatu tempat yang menjadi obyek wisata. Berkaitan dengan konsep tersebut, kebetulan Kabupaten Parigi Moutong memiliki banyak kisah tentang asal-usul lokasi yang menjadi tempat wisata. Diantaranya kisah tentang obyek wisata air terjun Likunggavali, Tomini dan Kayubura.
Kegiatan nasional yang juga diikuti Kabupaten Parigi Moutong lanjut dia, adalah seleksi gelar karawitan dengan tema perkusiku-perkusimu tingkat anak. Pada tanggal 28 Februari, videonya akan dikirimkan ke kementerian.
“Kita hanya mengirimkan video, nanti diseleksi kementrian jika layak kita akan tampil di gedung insan berprestasi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Eny.
Selain itu, event lainnya yang juga diikuti Parigi Moutong di tahun 2019 adalah gelar budaya tingkat provinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan di Kabupaten Buol.

LEAVE A REPLY