KPU Pastikan Logistik Terdistribusi Tiga Hari Sebelum Pemungutan Suara

21
Komisioner KPU Parigi Moutong, Dirwan Korompot

PARIGI MOUTONG – KPU Kabupaten Parigi Moutong memastikan tiga hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara, seluruh logistik Pemilu telah tersalurkan diseluruh wilayah kecamatan hingga desa se Parigi Moutong.
Divisi Teknis KPU Parigi Moutong, Dirwan Korompot mengatakan, pihaknya akan meninjau tempat percetakan surat suara di Makassar Sulawesi Selatan. Tujuannya untuk memastikan bahwa formulir-formulir yang di cetak terlewati.
“Jadi yang kita tinjau itu adalah formulir terkait kebutuhan untuk proses pemungutan suara yang di cetak, itu yang kita pastikan jangan nanti ada yang terlewatkan,” ujarnya Dirwan, belum lama ini.
Menurutnya, dengan melakukan peninjauan itu pihaknya sudah dapat melihat dan memastikan surat suara yang telah di cetak seluruhnya telah sesuai dengan peruntukan di TPS nantinya.
Selain itu, dalam proses pelipatan surat suara, tentunya melibatkan sejumlah masyarakat dan diawasi serta dipantau oleh pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Parigi Moutong bersama aparat kepolisian setempat.
Kemudian, masyarakat yang akan dilibatkan dalam proses pelipatan surat suara itu, yang pastinya tidak terlibat dalam kepengurusan partai politik.
“Jadi saya kira hal itu juga menjadi salah satu tugas kami, untuk merekrut orang-orang yang akan melipat surat suara itu. Kita pastikan jangan sampai terlibat dalam partai politik,” ungkapnya.
Dia menambahkan, pengalaman pada Pilkada beberapa waktu lalu, wilayah yang di nilai sulit dalam pendistribusian logistik itu ada di Kecamatan Tinombo yaitu Desa Patingke, Ogoalas, dan Palasa. Sementara di wilayah selatan yakni di Kecamatan Sausu Desa Salubanga.
“Jadi, sekitar 20 TPS yang tersulit di wilayah utara. Dalam pendistribusian, surat suara dibungkus menggunakan plastik untuk menjaga jangan sampai terkena air,” tuturnya.

LEAVE A REPLY