Dikbud Target 5 Besar O2SN dan Fls2n Nasional

3
Peserta 02SN dan Fls2n yang berasal dari sejumlah SMP di Kabupaten Parigi Moutong, mengikuti upaca pembukaan yang dilaksanakan di SMP Saraswati Tolai, Senin (25/3).

PARIGI MOUTONG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Parigi Moutong, dua tahun berturut mewakili Provinsi Sulteng diajang Atletik, Gala Siswa dan FLS2N tingkat nasional.
Hal itu diungkapkan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parigi Moutong, Adrudin Nur, saat menyampaikan sambutanya pada kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Gala Siswa Indonesia tahun 2019, bertempat di SMP Saraswati Tolai, Senin (25/3).
Dia mengatakan, cabor yang mewakili Sulteng ditingkat nasional pada tahun 2017 dibidang atletik, dan ditahun 2018 ada dua yakni Gala Siswa dan seni.
“Tahun-tahun sebelumnya Kabupaten Parigi Moutong merupakan langganan yang mewakili Sulteng diajang nasional. Meksipun hanya mendapatkan perak dan perunggu, maka seleksi kali akan terus berupaya melahirkan atlit-atlit terbaik,” ujarnya.
Dia menjelaskan, kegiatan O2SN, FLS2N dan Gala Siswa ini merupakan wahana untuk mengimplementasikan pembelajaran dan meningkatkan kesehatan jasmani para siswa.
Tujuan dari pelaksanaan kegitan tersebut kata dia, meningkatkan kecintaan dan apresiasi pelajar pada bidang olahraga dan nilai tradisi pada budaya bangsa. Selain itu, meningkatkan kecakapan dan kolaboratif, menjaga kesehatan jasmani dan rohani.
Serta yang paling utama meningkatkan jiwa sportifitas, disiplin, komunikatif, bersahabat dan bertanggung jawab.
Menurut dia, Cabor yang dipertandingkan kali ini adalah, atletik, renang, bulu tangkis, karate, silat dan sepak bola. Sementara untuk seni, bidang kreatifitas, tari tradisional, lomba kreatifitas tari dan musik tradisional, lomba penyayi solo dan gitar duet serta desain poster.
“Satu kegiatan ini digabungkan, proses seleksi ini diperketat tidak ada pilih-pilih anak siap, semuanya dilakukan secara selektif,” jelasnya.
Dia berharap, ditahun 2019 ini pihaknya menargetkan seluruh Cabor yang dilombakan masuk ketingkat nasional, serta menempati lima besar.
Sebanyak 234 orang peserta terbagi O2SN 60 orang, FLS2N 80 orang dan GSI 90 orang, pelaksanaan dimulai dari tanggal 25 hingga 28 serta dibantu official 30 orang.
Pelaksanaan kegiatan ini sesuai amanat UU nomor 20 tahun 2003, UU nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan Nasional pasal 17, bahwa ruang lingkup olahraga pada prestasi dan rekrasi.OPI

LEAVE A REPLY