Disdikdub Akan Gelar Perayaan Hardiknas di Tinombo

32

PARIGI MOUTONG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi Moutong, tahun ini mengelar Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) akan dipusatkan di Kecamatan Tinombo yang jatuh pada tanggal 2 Mei mendatang.

Plt Sekdis Pendidikan, Abdul Sahid, ditemui diruang kerjanya, Senin (29/4), mengatakan pelaksanaan Hardiknas di Kecamatan Tinombo, atas permintaan Bupati Parigi Moutong sebagai tujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang berada di wilayah Utara Parigi Moutong.

“Tahun-tahun sebelumnya perayaan Hardiknas di Ibu Kota Kabupaten. Makanya tahun ini kami laksanakan di Kecamatan Tinombo,” jelasnya.

Menurut dia, dipilihnya Kecamatan Tinombo karena berdasarkan data Disdikbud banyak pelajar, baik SD dan SMP satu atap, berada di wilayah pengunungan atau daerah terpencil yang mulai meningkat setiap tahunnya untuk mengenyam pendidikan.

Program pengentasan buta aksara diwilayah itu terus ditingkatkan, berdasarkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati lima tahun kedepan.

“Momentum Hardiknas kami berharap pendidikan di Parigi Moutong terus berkembang, serta pemerataan pendidikan  terus digenjot sehingga mereka yang berada didaerah pedalaman bisa mengenyam pendidikan, sebagaimana yang diamanatkan UU,” terangnya.

Dia menambahkan, untuk menjadikan pendidikan di Parigi Moutong berkualitas, perlu adanya keterlibatan dari semua pihak, baik itu pemerhati pendidikan, tokoh masyarakat, orang tua dan lain sebagainya. Sehingga, pendidikan di wilayah ini akan sejajar dengan daerah lainnya di Indonesia.

Lebih lanjut, perayaan Hardiknas akan dihadiri oleh seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemda Parigi Moutong, Kepsek, guru dan siswa yang berada di Kecamatan Tinombo, Sidoan dan Palasa.

“Kepala OPD dan dinas terkait lainnya turut hadir dalam peringatan Hardiknas itu,” kata Sahid.

Kemudian, akan diramaikan dengan beberapa kegiatan, diantaranya gerak jalan dan jalan santai dalam memperingati Hardiknas nanti.OPI

LEAVE A REPLY