Marcelinus: Bappenas Arahkan Peningkatan Jalan Wilayah Terjauh Ibukota

15

PARIGI MOUTONG – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Parigi Moutong akan melaksanakan sebagian besar program peningkatan jalan pada daerah-daerah terjauh dari ibukota.
Ini kata Kabid Bina Marga DPUPRP Parigi Moutong, Marcelinus Artawan, sesuai dengan perencanaan Pemkab parigi Moutong dan arahan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, saat rapat bersama belum lama ini di Jakarta.
Menurutnya, Bappenas menginginkan agar anggaran pekerjaan jalan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019 ini diperuntukkan untuk pembenahan dan peningkatan akses jalan yang jauh dari pusat administrasi.
Itu kata dia dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang berada jauh dari kota mendapatkan akses transportasi khususnya infrastruktur jalan dalam melaksanakan aktifitas baik yang terjadi disekitar lokasi tersebut maupun akses ke ibukota.
“Bappenas inginkan agar pembenahan dan peningkatan dilakukan di daerah daerah yang jauh terlebih dahulu,” kata Marcelinus kepada Songulara, Rabu (22/5).
Terkait dengan itu, untuk tahun ini kata dia, kegiatan pemeliharaan dan peningkatan (pengaspalan) jalan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) akan difokuskan di wilayah utara. Sedangkan untuk pembenahan dan pemeliharaan jalan terdekat dari ibukota, akan ditalangi menggunakan APBD.
“Kita tinggal menunggu proses pelaksanaan, karena saat ini sedang melakukan persiapan lelang untuk seluruh pekerjaan,” katanya. KLID

LEAVE A REPLY