AKIA Parigi Moutong Menurun, Bidan Desa Diminta Terus Proaktif

13

PARIGI MOUTONG – Angka kematian ibu dan anak (AKIA) dalam proses persalinan di Kabupaten Parigi Moutong berangsur menurun. Seluruh elemen tenaga kesehatan, khususnya bidan desa diminta untuk terus proaktif membantu pemerintah.
Berdasarkan data tahun 2018 kata Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai, AKIA dalam proses persalinan di Kabupaten Parigi Moutong mengalami penurunan dari tahun 2017, dimana pada tahun tersebut tercatat ada tujuh kasus kematian.
Ini tentunya menjadi motivasi bagi pemerintah untuk terus melakukan perbaikan pelayanan terutama pada penanganan persalinan. Penurunan angka ini kata dia, tentunya atas kerjasasama yang baik dari semua pihak, terutama yang sangat berdekatan dengan masyarakat yakni bidan desa.
“Alhamdulillah, sudah terjadi penurunan lebih baik dari tahun 2017,” kata Badrun Nggai, saat melakukan Safari Ramadhan di sejumlah desa di wilayah utara, kemarin.
Pada kesempatan itu, Wabup mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak yang turut terlibat dalam proses penurunan angka tersebut. Terutama bagi pelaksana atau fasilitator kesehatan terdekat dengana masyarakat yakni bidan desa.
Dia berharap, tidak puas dengan pencapaian tersebut dan meminta kepada seluruh bidan desa dan tanaga medis di kecamatan untuk terus proaktif dan bekerjasama mememberikan pelayanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat desa.

LEAVE A REPLY