Lestarikan Nilai Budaya, Disdikbud Gelar Whorkshop Fotografi

15

PARIGI MOUTONG – Upaya melestarikan nilai budaya dan tradisi daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parigi Moutong menggelar Workshop Fotografi, di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Parigi Moutong, Senin (24/6).

Workshop Fotografi yang mengambil tema “Pendokumentasian nilai budaya dan tradisi sebagai upaya pelestarian dan aktualisasi adat budaya daerah” itu diikuti peserta sebanyak 50 orang, terdiri dari komunitas fotografi, siswa SMP dan SMA se-Kabupaten Parigi Moutong.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Parigi Moutong, Muhtasim melaporkan, kegiatan workshop fotografi merupakan penjabaran kegiatan di bidang kebudayaan.

“Kegiatan ini merupakan penjabaran di bidang kebudayaan yang diikuti sebanyak 50 orang,” pungkasnya.

Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai, mengapresiasi kegiatan Workshop Fotografi. Menurutnya, untuk menciptakan fotografer yang profesional, harus betul betul memahami ilmu fotografi.

Kegiatan fotografi yang diikuti oleh para pemuda sebagai pelopor bangsa sangat baik. Karena menurutnya, lewat kegiatan tersebut bisa menangkal penyalahgunaan narkotika, dan minuman keras. Olehnya ia berharap para generasi muda menjadi pelopor minimal di wilayahnya masing masing.

“Jadilah pelopor-pelopor di daerahnya masing masing,” imbuhnya.

Wabup berharap untuk pelestarian nilai budaya, yang terpenting adalah memotret berbagi adat istiadat yang dapat di dokumentasikan dan dipajang diberbagai tempat atau melalui media sosial, WhatsApp, Instagram dan lain-lain.

“Saya harapkan kita sebarluaskan potensi budaya yang ada di Kabupaten Parigi Moutong melalui media sosial sehingga lebih diketahui oleh publik,” ujarnya. Kegiatan Workshop Fotografi dilaksanakan selama 3 hari dan akan dilombakan untuk mencari fotografi yang handal.

LEAVE A REPLY