Parigi Moutong Berupaya Jadi Tuan Rumah HPS 2020

199

PARIGI MOUTONG – Pemkab Parigi Moutong berupaya untuk menjadi tuan rumah Hari Pangan Sedunia tahun (HPS) 2020, yang mana acara tersebut selalu dihadiri oleh orang nomor satu di Indonesia. Penegasan tersebut, diungkapkan Bupati Parigi Moutong, saat memimpin rapat dengan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Parigi Moutong, di rujab bupati, Selasa (3/9).
“Saya sudah perintahkan Nelson (Kadis TPHP – red) untuk berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian, sehubungan dengan rencana kita menjadi tuan rumah,” kata Samsurizal, sapaan akrabnya.
Dijelakannya, ada dua tempat yang direncanakan akan menjadi tempat puncak acara HPS nanti, yakni Kota Parigi atau Kota Tinombo.
“Di Kota Tinombo, kami merencanakan , Bapak Presiden akan meresmukan pembukaan jalur tol laut Indonesia Timur, di Pelabuhan Tinombo. Sedangkan di Kota Parigi, Presiden kami rencanakan bisa melakukan panen raya di Desa Dolago,” ungkap Samsurizal.
Meski demikian, mengingat jaraj yang jauh antara Parigi dan Tinombo, kemungkinan HPS 2020, hanya akan dipusatkan di Kota Parigi saja.
“HPS biasanya dilaksanakan setiap Bulan Oktober tahun berjalan, jadi kita masih punya waktu satu tahun untuk bersiap,” ujarnya.
Lebih lanjut kata dia, HPS nanti juga akan dilaksanakan pameran pertanian, selama seminggu. Peserta pameran tersebut, akan diikuti seluruh kabupaten , kota, dan provinsi di indonesia, perusahaan swasta, BUMN, serta perusaahaan multi nasional yang bergerak di bidang pertanian.
“Biasanya setiap penyelenggaraan HPS, juga dihadiri delegasi dari negara – negara pertanian di seluruh dunia. Mari kita doakan bersama , semoga kita bisa menjadi tuan rumah,” tandas Samsurizal.

LEAVE A REPLY