Jembatan Olonjongi Dirampungkan Tahun Ini

23

PARIGI – Jembatan penghubung Sungai Olonjongi yang menghubungkan jalan ke Desa Olobaru dan Desa Lemusa Kecamatan Parigi Selatan akan dirampungkan tahun ini dan dipastikan sudah bisa dimanfaatkan tahun depan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Parigi Moutong, M. Arsal mengatakan, tahun 2019 ini merupakan pengerjaan tahap kedua atau tahap penyelesaian.

“Dibangun dua tahap, dan kali ini adalah tahap penyelesaian. Insya Allah jembatan sudah bisa dimanfaatkan masyarakat pasca pelaksanaan,” kata Arsal kepada Songulara, Rabu (11/9).

Untuk tahap ini kata dia, dilakukan pemasangan girder dan plat lantai. untuk girder balok di antara dua penyangga pada suatu jembatan berupa pier maupun abutment menggunakan konstruksi baja atau girder baja.

Sebelumnya, pembangunan jembatan kata dia dilakukan secara konvensional, namun dengan pertimbangan bentang yang sudah maksimum dan agak rawan menggunakan tipe konvensional, maka dilakukan perubahan menggunakan girder baja.

“Alhmdulillah, setelah kita rubah dengan menggunakan girder baja, pas tiga bulan kemudian kena gempa, kondisi struktur tidak bermasalah,” ujarnya.

Untuk penyelesaian jembatan sendiri menelan anggaran kurang lebih setengah milyar.

LEAVE A REPLY