Sekprov Minta Tagana Bantu Sukseskan Parigi Moutong Raih Adipura

32
Sekprov Sulteng, Hidayat Lamakarate, di pengukuhan anggota Tagana Kabupaten Parigi Moutong. Foto : Humas Pemkab

PARIGI MOUTONG – Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Tengah (Sulteng), Hidayat Lamakarate, selaku pembina Taruna Siaga Bencana (Tagana) provinsi, meminta Tagana untuk membantu mensukseskan target Kabupaten Parigi Moutong untuk meraih Piala Adipura tahun 2020.

“Tagana adalah Taruna Siaga Bencana, yang selalu siap dikirim kemana saja untuk membantu korban bencana. Sebaiknya tidak lagi ada bencana, Tagana bisa membantu membersihkan kampung menggali saluran yang mampet. Karena Kabupaten Parigi Moutong menargetkan Piala Adipura tahun 2020, saya harap Tagana disini bisa membantu untuk mensukseskannya,” harap Hidayat, sapaan akrabnya, saat memberikan sambutan usai mengukuhkan 32 orang Anak Dalam Suku Lauje yang tergabung dalam Tagana Kabupaten Parigi Moutong, menjadi anggota Tagana Provinsi Sulteng, di alun-alun Raja Tombolotutu, Tinombo, Selasa (2/10).

Lebih lanjut kata Hidayat, Tagana Parigi Moutong merupakan Tagana yang pertama kalinya dikukuhkan menjadi Tagana Provinsi Sulawesi Tengah.

“Baru kali ini ada Tagana yang dibiayai pemerintah kabupaten kemudian dikukuhkan menjadi tagana Provinsi, saya harap ini menjadi model untuk kabupaten lain”, ujar mantan Kepala BKD Provinsi Sulawesi Tengah itu.

Hidayat mengaku akan memerintahkan Dinas Sosial Provinsi Sulteng, untuk memberikan edaran kepada seluruh Kabupaten untuk menyiapkan tagana Kabupaten yang dibiayai Kabupaten tetapi statusnya adalah tagana provinsi.

Dikatakannya, keberadaan Tagana Kabupaten dengan status Tagana Provinsi akan sangat membantu menangani bencana yang terjadi diseluruh wilayah Provinsi Sulteng.

Sementara itu, Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu, dalam sambutannya mengatakan menjadi Tagana Provinsi merupakan suatu tantangan yang harus dilaksanakan. Sebab tugas Tagana Provinsi siap membantu daerah yang terkena bencana di seluruh wilayah Propinsi Sulawesi Tengah.

Bupati berharap kepada calon Tagana berikutnya yang telah dipersiapkan untuk lebih meningkatkan prestasi Tagana yang telah dikukuhkan menjadi Tagana Provinsi.

“Saat ini kita telah memiliki Tagana provinsi, untuk adik-adik calon Tagana gelombang ke dua, rebut status Tagana Nasional”, tutupnya.

LEAVE A REPLY