Raih Predikat WTP, Parigi Moutong Dapat Penghargaan dari Kemenkeu RI

51
Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu memegang piagam WTP yang diserahkan oleh Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu RI Provinsi Sulteng, Irfan Apri di ruang rapat lantai II kantor bupati. IST

PARIGI MOUTONG – Pemerintah Republik Indonesia (RI), melalui Kementerian Keuangan memberi apresiasi atas kesuksesan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong, meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, atas tata kelola APBD tahun 2018.

Adapun bentuk dari apresiasi itu adalah, pemberian piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jendral (Ditjen) Perbendaharaan, Kemenkeu RI Provinsi Sulawesi Tengah, Irfan Apri, kepada Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu, pada acara yang bertajuk Penyerahan Piagam Penghargaan WTP tahun 2018 dan Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Forum Koordinasi Pengelolaan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, yang digelar di ruang rapat lantai II kantor bupati, Rabu (16/10).

Dalam sambutannya, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah, Irfan Apri menjelaskan bahwa pemberian piagam penghargaan atas predikat WTP dari BPK adalah bentuk apresiasi kepada Pemerintah Daerah atas tata kelola keuangan daerah. Dirinya pun berharap bahwa apa yang sudah diraih oleh Kabupaten Parigi Moutong dapat terus dipertahankan.

“Opini WTP membuat daerah mendapatkan kepercayaan dari sejumlah pihak. Salah satu contoh adalah WTP menjadi syarat untuk masuk penilaian Piala Adipura,” ujar Irfan Apri.

Dalam sambutannya, Samsurizal Tombolotutu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras meraih Opini WTP. Bupati mengatakan bahwa pencapaian Opini WTP ini merupakan yang pertama kalinya, setelah tahun-tahun sebelumnya hanya mampu meraih predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dan bahkan opini Disclaimer dari BPK RI. Prestasi ini kata Samsurizal, berkat kerjasama dari seluruh OPD di jajaran Pemkab Parigi Moutong.

“Dengan predikat WTP, maka wilayah kita akan semakin dilirik oleh Investor. Sebab dengan tata kelola keuangan yang baik, kita akan mendapatkan kepercayaan dari para investor untuk menanamkan modalnya di sini,” ungkap alumni Akmil angkatan 1983 itu.

Selain penyerahan penghargaan, dikesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah tentang Forum Koordinasi Pengelolaan Keuangan oleh Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Parigi Moutong.

LEAVE A REPLY