Kementan Bantu Alat Pertanian ke Petani Parigi Moutong

2
foto: Humas Pemkab Parigi Moutong

PARIGI MOUTONG – Dihari kedua Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu mendampingi Kunker Anggota Komisi IV DPR RI Ahmad M. Ali dan Pejabat Kementerian Pertanian RI di Kabupaten Parigi Moutong guna bertatap muka dan pemberian bantuan peralatan pertanian bagi masyarakat petani yang berlangsung di Kantor Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Parigi Moutong, Minggu (12/1).

Tatap muka ini juga dihadiri Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Nggai, SE, Ketua DPRD Parigi Moutong dan Anggota, kepala OPD Parigi Moutong, Penyuluh dan Kelompok Tani se- Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam tatap muka tersebut Anggota DPR RI H. Ahmad M. Ali mengatakan kami hadir di hadapan masyarakat petani Parigi Moutong untuk merealisasikan harapan para petani dan pekebun dalam memajukan pertanian dan perkebunan di Kabupaten Parigi Moutong.

“Saya dan Kementerian Pertanian RI datang ke kabupaten ini tidak untuk mendengarkan apa harapan masyarakat dan apa keluhan masyarakat karena saya sudah sangat tahu keluhan itu, tetapi hari ini saya datang dihadapan bapak ibu untuk merealisasikan, mewujudkan dan menunaikan harapan bapak ibu petani yang ada di Kabupaten Parigi Moutong“.

Lebih lanjut H. Ahmad M. Ali mengatakan, dalam kunker kali ini kedatangan kami bisa berkontribusi untuk mewujudkan program pemerintah daerah untuk menjadikan Kabupaten Parigi Moutong bisa menjadi penyangga utama kebutuhan pangan ibu kota negara baru nanti.

“Sulawesi Tengah khususnya Kabupaten Parigi Moutong harus berkontribusi besar untuk proses pemindahan ibukota, kita harus bisa menjadi penyangga utama kebutuhan pangan di ibukota negara baru tersebut, olehnya Kementerian Pertanian RI sangat mendukung program ini dengan menugaskan staf khusus pertanian dan 14 direkturnya“.

Sementara itu Staf khusus kementan Ir. H. Lutfi Halide, MP meminta kepada para petani untuk membantu kerja Kementerian Pertanian RI. “saya meminta kepada petani yang ada di sini untuk membantu kami, bagi petani yang masuk dalam kelompok tani supaya bantuan-bantuan yang ada dari Kementerian Pertanian bisa bapak ibu manfaatkan untuk peningkatan hasil pangannya“.

“Ir. H. Lutfi Halide, MP mengajak untuk bersama-sama merealisasikan program program Pemerintah RI, lebih khusus agar bagaiman Kabupaten Parigi Moutong menjadi sala satu sentral penghasil bahan pangan di republik ini“ Harapnya.

Bantuan yang diberikan Kementerian Pertanian RI kepada petani di Parigi Moutong berupa traktor roda 4 sejumlah 30 unit, pompa air 25 unit, excavator 1 unit, sapi 200 ekor, kambing 400 ekor, babi 200 ekor, KUR dialokasikan 200 miliar, bawang merah 100 hektar, bawang putih 50 hektar, aneka cabai 250 hektar, benih jagung 10.000 hektar, benih padi 5000 hektar, sarana prasarana kombain 10 unit, peremajaan tanaman coacoa 300 hektar, benih 300 ribu batang, pupuk organik 60 ton, penanaman PHP coacoa 150 hektar, peramajaan kelapa 200 hektar, benih jagung komposit farietas unggul 250 hektar, benih padi dan farietas unggul 400 hektar dan pembangunan 1 unit fasilitas perbengkelan alat pertanian.

Rombongan Kunker Kementerian Pertanian RI yaitu Staf khusus mentan Ir. H. Lutfi Halide, MP. Sekertaris Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Dr. Nasrullah. Direktur alsintan, ditjen PSP/ Andi Nur Alamsyah, STP, MT. Direktur pembiayaan Ditjen PSP/ Ir. Indah megawati, MP. Kapuslat bppsdmp/ Bustanul Arifin Caya. Direktur perlindungan tanaman pangan Ditjen Tanaman pangan Edy Purnama, SP, M.Sc. Direktur pembibitan perkebunan Ditjen Perkebunan Dr. Ir. Saleh muhtar, MP. Direktur.perbenihan Ditjen Hortikultura Sukarman. Kepala balai besar pengkajian dan pengembangan teknologi pertanian(BBP2TP) Dr. Ir. M. Taufik Ratule, M.Si. Kepala karantina palu Drh. Ida bagus Hary Somawijaya. Kepala bptp Sulawesi tengah Dr. Ir. Fery fahrudin munir, MSc dan Direktur serealia ditjen tanaman pangan Bambang sugiharto.

LEAVE A REPLY