Bangun Peningkatan SDM, Pemkab – Asia University Malaysia Jalin Kerja Sama

2
dokumentasi : Humas Pemkab Parigi Mouotng

PARIGI MOUOTONG – Bangun peningkatan pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM), Pemkab Parigi Moutong jalin kerja sama dengan pihak Asia University Malaysia. Ini tertuang lewat penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) oleh Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu bersama Rektor Asia University Malaysia, Prof. Emeritus Dato Dr. Hasan Said, dirumah jabatan Bupati Parigi Moutong, Rabu (22/1).

Rektor Asia e University Malaysia Prof. Emeritus Dato Dr. Hasan Said melakukan kujungan ke Parigi Moutong bersama Prof. Dr. Siti Hawa, Prof. Dr. Juhairi Ali. Perwakilan Kementrian Dalam Negeri Prof. Dr. Owin Jamasy, M.Hum dan Dr. Mujiono dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Disampaikan oleh Prof. Dr. Owin Jamasy, M.Hum selaku perwakilan kementrian Dalam Negeri menyampaikan MoU yang telah disepakati bertujuan untuk membangun kerjasama antara Pemda Parigi Moutong bersama pihak Kampus Asia e University Malaysia dan ini yang pertama kalinya dilakukan oleh pihak Kampus Asia e University Malaysia dengan daerah pilihan yaitu Kabupaten Parigi Moutong.

Owin Jamasy mengatakan, adapun kesepakatan kerja sama ini dilakukan yaitu teridiri dari tiga aspek pendidikan murni, yang pertama adalah pengiriman Student Parigi Moutong untuk melakukan pendidikan ke Asia e University Malaysia, kedua pengembangan profesionalisme untuk aparatur maupun non aparatur, dan yang ketiga pengembangan SDM. Jelasnya

Sebagai perwakilan dari kementrian dalam negeri Owin menyampaikan, kegiatan yang dilakukan tidak hanya sebatas formal saja akan tetapi tindak lanjut dari MoU yang sudah disepakati akan menjadi lanjutan laporan ke pusat untuk membahas bagaimana memulai kerja sama bilateral antara kampus dengan pemerintah daerah.

Pentingnya kerja sama ini dilakukan karena inilah yang pertama kalinya kampus Asia e University Malaysia bekerja sama dengan Pemda dalam hal membangun pengembangan pendidikan SDM terutamanya didaerah yang menjadi pilihannya yaitu Kabupaten Parigi Moutong. “ Kita akan memanfaatkan kerja sama ini dalam berbagai hal terutamanya dibidang riset pengembangan SDM “.

Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu mengatakan pentingnya kerja sama antara Pemerintah Daerah dengan Kampus Asia e University Malaysia dilakukan adalah cikal bakal untuk membangun kampus di Kabupaten Parigi Moutong dengan harapan bisa dapat membantu anak anak daerah untuk melanjutkan studinya dipendidikan S1, S2 dan seterusnya. Ucap Bupati.

Selain penandatangan MoU juga dilakukan peninjauan ke kantor Bapusarda, RSUD Anuntaloko, Asrama diklat, Kantor Bupati Parigi Moutong dan dilanjutkan peninjauan ke rumah Raja Tombolutu di Kecamatan Tinombo dan peninjauan lokasi pusat kegiatan Hari Pangan Sedunia (HPS) di desa sinei pantai mosing Kecamatan Tinombo Selatan.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan Plakat dari Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong bersama DPRD Parigi Moutong ke Tim Kampus Asia e University Malaysia. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Nggai SE, Ketua DPRD Parigi Moutong Sayutin Budianto, S.Sos, Wakil Ketua DPRD Faisan Badja, Ketua Fraksi Toraranga Ni Wayan Leli Pariani, Kepala OPD, Camat dan Calon Mahasiswa.

LEAVE A REPLY