Antisipasi Kebakaran, Lapas Parigi Bakal Gelar Pelatihan Damkar

Kepala Lapas Kelas III Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, Muhammad Askari Utomo
Kepala Lapas Kelas III Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, Muhammad Askari Utomo

PARIGI MOUTONG – Antisipasi pengamanan dari bahaya kebakaran, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Parigi bakal menggelar pelatihan Damkar.

Kalapas Kelas III Parigi, Muhammad Askari Utomo mengatakan, pelatihan Pemadam Kebakaran (Damkar) ini sebagai upaya pencegahan dan antisipasi terhadap gangguan keamanan khususnya kejadian kebakaran.

“Kami akan melibatkan Damkar Parigi Moutong untuk memberikan berbagai materi berkaitan dengan tindakan penyelamatan diri saat terjadi kebakaran,” kata Kalapas mengutip jurnallentera.com, Selasa (14/9).

Selain itu kata dia, tindakan pemberian pertolongan kepada orang lain atau warga binaan dan tata cara melakukan pemadaman api saat terjadi kebakaran.

Ini juga kata dia berkaca dari peristiwa kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas I Tangerang, yang disebabkan korsleting listrik.

Lapas Kelas III Parigi telah melakukan langkah antisipasi dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke seluruh kamar hunian ntuk memastikan tidak adanya instalasi jaringan listrik illegal yang dibuat warga binaan yang dapat mengakibatkan terjadinya korsleting listrik.

Tidak hanya itu, pihaknya juga tengah menginventarisir jaringan listrik yang dianggap tidak layak digunakan untuk segera diperbaharui. Termasuk deteksi dini terus diupayakan, agar peristiwa kebakaran tidak terjadi.

“Kabel-kabel tidak layak kami sudah upayakan untuk diganti, karena jaringan listrik kami disini cukup panjang dan rumit. Itu sebagai langkah pencegahan kami,” tuturnya. FAIZ

VIAFAIZ
BAGIKAN

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY